Tentang

DIORAMA adalah platform seni yang digagas oleh Forum Lenteng melalui Program AKUMASSA. Platform ini memiliki fokus pada artefak-artefak sejarah di Indonesia yang merupakan representasi dari kekuasaan. Artefak-artefak tersebut dikaji dan diinterpretasi ulang dengan menggunakan pendekatan seni visual dan media.

Lewat pemahaman atas polemik kuasa, platform ini melihat bahwa artefak-artefak yang diproduksi oleh negara tersebut sesungguhnya memiliki celah yang dapat dimanfaatkan oleh spektator untuk membangun perbendaharaan alternatif dalam rangka mengungkai pemaknaan baru mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, menyelenggarakan tindakan-tindakan konkret di masa kini, dan menawarkan spekulasi dan proyeksi mengenai aksi dan wacana untuk masa depan. Artefak-artefak tersebut diinterpretasi dengan aksi-aksi performatif dan kreatif, yang melibatkan partisipasi aktif warga, dalam rangka mendekonstruksi narasi negara dan kemudian mengkonstruksinya secara baru sebagai narasi yang mengedepankan kepentingan publik.

Platform ini berusaha mengembangkan metode pembacaan demi mencapai suatu tatanan ide dan gaya ungkap (bahasa) yang layak diacu dalam memahami sejarah serta isu sosial-budaya terkait; menciptakan suatu jembatan yang menghubungkan jarak antara artefak-artefak tersebut dan masyarakat. Produk media dan karya visual yang dihasilkan platform ini ditujukan sebagai sebuah cara pandang alternatif yang menekankan sudut pandang warga, sekaligus sebagai produk pengetahuan yang dapat diakses secara bebas.

Koordinator Program
Rayhan Pratama

Admin Media
Pingkan Persitya Polla

Mentor
Otty Widasari
Manshur Zikri

Litbang
AKUMASSA – Diorama

FORUM LENTENG

Jalan H. Saidi No. 69 RT 007/05
Tanjung Barat
Jakarta – 12530
info@forumlenteng.org
Forum Lenteng official wesite
AKUMASSA website